Selasa, 29 November 2011

Kerupuk Kemplang

 









 Kalian sudah tahu kan  apa itu Kayuagung ? jika belum lihat deh posting aku yang tentang "KAYUAGUNG". JIka sudah baca , sekarang aku jelaskan apa sihh sebenarnya kerupuk keplang itu ...


Kerupuk dan kemplang adalah makanan asli Palembang selain Kayuagung dan rasanya gurih.
Kerupuk dan Kemplang kalian tahu nya kerupuk dan kemplang itu sama ?? padahal tidak !! Perbedaannya jauh , yaaa waalau bahan dasarnya sama  Kemplang yaitu Ikan , Sagu , Air dan Garam. Tapi ketika pengolahannyalah yang berbeda dan Kemplang itu ada yang di goring dan Panggang. 

Ketika bahan dasar dicampur untuk membuat Kerupuk bahan langsung dibentuk kerupuk dengan Ingsaran (semacam alat tradisional masyarakat kayuagung yang terbuat dari Kuningan) lalu di rebus dan di dinginkan setelah itu baru di jemur , sedangkan Kemplang setelah bahan dasar di campur di bentuk pempek lenjer (sebutan untuk pempek panjang) terlebih dahulu , lalu direbus dan di dinginkan lalu di jemur setelah kering pempek lenjer tersebut di iris tidak tebal dan tidak tipis selanjutnya di jemur kembali. 

Daerah Kayuagung yang terkenal paling banyak memproduksi Kerupuk Kemplang adalah Tiyuh (Kelurahan) Paku dan Tiyuh Paku ini di juluki sebagai Tiyuh Kerupuk Kemplang selain Tiyuh Paku adalah Tiyuh Cinta Raja..


0 komentar:

Posting Komentar